BAYI SUNGSANG

BAYI SUNGSANG



Khawatir dengan posisi bayi sungsang?
 Menurut dr. Stoppard, 4 dari 100 bayi lahir dalam posisi sungsang, sehingga beliau menegaskan bahwa ini adalah normal. Bayi sungsang adalah bayi dalam rahim yang posisi kepalanya berada di atas, sedangkan pantatnya ada di bawah.



Apa yang menyebabkan bayi sungsang?


a. Bentuk rahim yang tidak normal Wanita yang memiliki rahim septum uterus (memanjang) sangat memungkinkan untuk memiliki bayi sungsang. Bentuk ini menyulitkan bayi Anda berputar ke posisi normal.
 b. Volume air ketuban Volume air ketuban yang terlalu banyak atau sedikit sama-sama mempunyai risiko bayi sungsang. Jika terlalu banyak memungkinkan bayi dalam rahim bergerak dengan leluasa seperti berenang. Sedangkan jika volume air ketuban sangat sedikit menyulitkan bayi untuk berputar. 

Bagaimana mengatasi bayi sungsang ? 
 Ikuti kelas senam hamil atau lakukan sendiri beberapa gerakan senam hamil di rumah. Lakukan gerakan sujud (menungging) secara rutin sehari 5 kali dengan waktu sekitar 3-5 menit. Orang tua jaman dahulu menyarankan bumil mengepel lantai dengan menggunakan tangan, karena gerakan jongkok dipercaya dapat memperbaiki posisi sungsang. Beberapa ahli medis juga menyarankan mengatasi sungsang dengan pertolongan dokter, tapi sebaiknya konsultasikan baik-baik terlebih dahulu. Hindari membenarkan posisi bayi sungsang ke dukun bayi atau pijat tradisional.


 




Komentar

Postingan Populer